Rabu, 19 Maret 2014

Budidaya Tanaman Hias Sedum (Ekor Keledai)

Sedum morganianum adalah salah satu jenis tanaman sukulen (tanaman yang banyak mengandung air) yang cukup menawan hati para kolektor tanaman.
Tanaman ini daunnya bulat berbentuk seperti tetesan air, panjang 2,5 cm. 

Daun-daunya hampir seluruhnya menutupi batang. Seluruh daun dan tangkai atau batangnya hampir seluruhnya terselubungi oleh daun membentuk struktur tebal, menyerupai bentuk ekor keledai.

Daun berwarna hijau dan tertutup semacam debu berwarna biru. Daun tersebut mudah sekali rontok. Oleh karena itu, tanaman harus ditempatkan di tempat-tempat yang aman dan tidak mudah terjangkau oleh anak-anak.

PERSYARATAN TUMBUH DAN PERLAKUAN

Kebutuhan Cahaya
Tanaman ini dapat tumbuh baik apabila mendapatkan sinar matahari langsung 4 jam lebih sehari. Tanaman ini juga bisa tumbuh baik di tempat yang tidak mendapat cahaya matahari secara langsung, misalnya, cahaya pantulan dari tembok. Tanaman ini juga dapat tumbuh baik di tempat yang mendapat cahaya buatan dan alami minimal 1000 f.c. selama lebih dari 12 jam sehari.

Kebutuhan Suhu
Tanaman ini akan tumbuh baik pada suhu lingkungan siang hari 68°F-75°F dan suhu malam hari 50°F-55°F.

Media Tanam
Media tanam yang cocok bagi tanaman ini adalah media tanam yang terdiri atas campuran satu bagian pupuk kompos, satu bagian pasir, dan setengah bagian bubuk arang. Setiap 4-5 kg media tersebut ditambah 1 sendok makan kapur, dan 1 sendok makan tepung tulang. Media tanam di dalam pot harus diusahakan agak kering. Penyiraman diperlukan sekedar mempertahankan agar daun tidak layu.


Pemupukan
Pemupukan bagi tanaman ini cukup empat bulan sekali. Bagi tanaman baru atau baru saja dilakukan pengepotan kembali harus menunggu 4-6 bulan kemudian.

Pengepotan Kembali
Jika tanaman telah memenuhi pot, pengepotan kembali dapat dilakukan setiap saat.

Perbanyakan Tanaman
Perbanyakan tanaman dilakukan dengan stek daun yang disemai dengan cara memasukkan sebagian daun ke dalam media pasir. Perbanyakan semacam ini dapat dilaksanakan setiap saat.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog

Pengikut