Sabtu, 12 Oktober 2019

Panduan Budidaya Durian Agar Cepat Berbuah

Durian merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Di beberapa daerah harga buah durian bisa mencapai Rp. 200.000,- per buah.

Pohon durian biasanya diperbanyak dengan biji, akan tetapi pohon durian yang diperbanyak dengan biji mulai berbuah pada usia 8 tahun ke atas. Oleh karena itu orang mulai mencari alternatif perbanyakan tanaman durian salah satunya dengan metode okulasi. Tanaman durian hasil perbanyakan dengan okulasi biasanya mulai berbuah pada usia 4 tahun.


Pohon durian biasanya dapat tumbuh subur pada jenis tanah yang subur, gembur, tidak bercadas, kedalaman air tanah 1-2 meter, pH tanah 6 – 7. Untuk ketinggian tempat yang cocok pada tanaman durian yaitu 400 – 600 meter dpl dengan curah hujan merata sepanjang tahun.

Beberapa varietas tanaman durian yang paling terkenal dan banyak diminati orang saat ini antara lain durian montong, durian bawor, durian musangking, dan durian merah. Jenis durian tersebut banyak diminati orang karena punya keunggulan antara lain daging buah tebal dan aromanya yang harum.

Untuk menanam durian ini diperlukan lubang tanam 60 cm x 60 cm x 60 cm. Jarak tanam antar pohon bisa digunakan 8 x 8 meter atau 10 x 10 meter. Semakin panjang jarak tanamnya maka semakin mudah dalam merawat tanaman durian tersebut khususnya dalam pengendalian hawa dan penyakit tanaman.

Pengairan pada tanaman durian bisa dilakukan dua kali seminggu tergantung cuaca. Disarankan area di sekitar pohon durian tidak tergenang air karena hal ini bisa menyebabkan tanaman durian akan terserang berbagai macam penyakit terutama busuk akar.

Lihat juga video berikut ini :



Pemupukan pada tanaman durian bisa dilakukan 3 kali dalam setahun. Pemupukan bisa dilakukan dengan membenamkan seluruh dosis pupuk kandang dan setengah dosis pupuk NPK yang dibuat di sekeliling batang tanaman tepat di bawah tajuk daun.

Beberapa hama dan penyakit tanaman yang sering menyerang antara lain ulat, jamur, busuk akar fusarium dan kanker batang. Pengendaliannya bisa dilakukan dengan menyemprotkan insektisida, fungisida dan bakterisida.

Pada umur 4 tahun tanaman durian yang berasal dari okulasi sudah mulai berbunga. Bila buah terlalu lebat maka perlu dilakukan penjarangan dengan menyisakan 40-50% saja. Buah durian bisa mulai dipanen pada usia 6 – 7 bulan sejak bunga mekar.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Pengikut