Selasa, 22 Oktober 2019

Cara Merawat Bunga jambu Madu Deli Agar Tidak Rontok

Jambu Madu Deli yang sedang berbunga kesehatannya harus dalam kondisi yang sangat baik. Jika pada saat berbunga kondisi tanaman kekurangan air, maka bisa dipastikan sebagian atau bahkan seluruh bunga akan gugur dan gagal menjadi buah.

Pada tanaman jambu madu deli yang sedang berbuah, maka tanaman banyak memerlukan karbondioksida dan sinar matahari yang akan digunakan oleh daun untuk proses fotosintesis.

Berikut ini beberapa macam cara agar bunga jambu deli yang sedang berbunga lebat tidak rontok dan dapat menjadi buah yang siap dipanen.



Kecukupan Nutrisi
Kecukupan nutrisi untuk tanaman jambu madu deli khususnya kecukupan akan kebutuhan unsur hara makro seperti unsur Nitrogen (N), Phospor (P), dan Kalium (K). Pada saat tanaman berbunga maka unsur hara makro yang dominan dibutuhkan adalah unsur Phospor dan Kalium. Untuk memenuhi kebutuhan ini bisa diberikan pupuk SP-36 atau KNO3 dalam dosis yang tepat.

Penyiraman Air
Selain memberikan nutrisi yang tepat bagi tanaman jambu madu deli yang sedang berbuah, maka pemberian air pada tanaman juga mutlak diperlukan, jangan sampai tanaman menjadi layu karena kekurangan air. Penyiraman bisa dilakukan dua kali sehari, pagi dan sore hari.

Penyiangan
Proses penyiangan bisa dilakukan dengan membersihkan gulma di area sekitar tanaman jambu madu deli. Selain itu penyiangan juga bisa dilakukan dengan cara membersihkan ranting-ranting yang sudah tidak produktif lagi.

Lihat Juga Video Berikut ini :




Perbaikan Kondisi Tanah
Jika kondisi pohon jambu madu deli sudah cukup besar, maka bisa mengatur kegemburan tanah dengan menghancurkan tanah di sekitar area perakaran. Tujuan penggemburan ini agar kondisi tanah menjadi gembur dan kondisi perakaran menjadi baik sehingga tanaman dapat tumbuh subur.

Demikianlah cara merawat bunga jambu madu deli agar tidak rontok dan bisa menjadi buah yang bisa kita panen.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Pengikut